top of page

Ciri-Ciri Bearing Roda Sudah Rusak

Bearing roda atau yang sering disebut laher roda, merupakan komponen penting yang berfungsi untuk membuat roda bisa berputar dengan lancar, aman, dan sesuai dengan pengaturan laju kecepatan kendaraan yang dilakukan oleh pengemudi. Tugas bearing roda ini sangat penting, selain memperlancar putaran roda, ia juga harus kuat menahan beban mobil secara langsung serta harus kuat terhadap tumbukan yang diterima roda ketika roda melewati jalan berlubang dan tidak rata. Oleh karenanya, pemeriksaan rutin terhadap kondisi bearing roda ini juga harus selalu dilakukan guna mencegah bahaya akibat bearing roda mobil rusak. Sebelum kerusakan parah pada bearing terjadi, umumnya pada mobil akan muncul ciri ciri dan tanda yang bisa kita kenali akibat bearing roda mobil rusak. Bearing roda mobil yang rusak biasanya akan muncul gejala dan tanda-tanda yang cukup jelas dan bisa dirasakan dari ruang kemudi. Apa saja tanda bearing roda mobil sudah rusak ? Berikut ciri-ciri yang kerap muncul saat bearing roda mobil rusak.


1. Muncul bunyi gemuruh pada roda

Tanda pertama yang akan muncul dan bisa terdengar dari suara kabin pengemudi saat bearing roda adalah munculnya bunyi gemuruh pada roda. Bunyi gemuruh ini akan terdengar semakin cepat seiring bertambahnya kecepatan mobil.


2. Roda goyang dan terasa oblak

Ciri berikutnya yang menjadi indikasi bearing roda mobil rusak adalah roda menjadi goyang dan terasa oblak. Hal ini akan terlihat jelas saat roda tidak menyentuh permukaan jalan (diangkat dengan dongkrak) lalu ban digoyang kearah atas bawah dan kanan kiri. Ban yang goyang ketika digerakkan ke semua arah menandakan bearing roda mobil rusak.


3. Keausan permukaan ban tidak rata

Tanda selanjutnya adalah muncul keausan yang tidak rata pada permukaan tapak ban. Bearing yang oblak akan mempengaruhi sudut-sudut kemudi sehingga ikut mempengaruhi area ban yang menapak ke jalan. Akibatnya keausan pada permukaan ban menjadi tidak rata.


4. Velg terasa panas selama mobil digunakan

Hal selanjutnya yang bisa menjadi ciri /tanda bearing roda mobil rusak adalah velg mobil yang terasa lebih panas dari biasanya, khususnya pada bagian tengah velg.


5. Setir kurang stabil saat dikemudikan

Bearing roda mobil yang rusak bisa membahayakan jika tidak segera diperbaiki. Salah satu bahaya bearing roda mobil rusak adalah setir menjadi kurang stabil saat dikemudikan, terlebih saat melalui jalan bergelombang ataupun ketika kita akan bermanuver.


6. Ban bisa meletus akibat panas berlebih

Bahaya bearing roda mobil rusak berikutnya yang bisa terjadi adalah ban bisa meletus akibat panas berlebih. Bearing roda mobil yang rusak kerap kali menjadi macet. Lambat laun akan muncul panas yang bisa merusak komponen disekitar nya seperti velg, cakram rem, kaliper rem, kampas rem , dan hingga merembet ke ban mobil dan membuat ban mobil meletus.


7. Rem sering terjadi blong

Bearing roda mobil yang rusak juga bisa membuat kondisi rem bermasalah bahkan blong. Panas yang dihasilkan akibat bearing macet bisa mempengaruhi minyak rem yang ada didalam kaliper rem. Minyak rem yang panas bisa menguap dan menimbulkan angin di dalam sistem rem. Akibatnya terjadilah vapour lock yang bisa membuat rem mobil menjadi tidak pakem bahkan blong.

Comments


bottom of page